Kamis, 09 Februari 2017

Flek Paru Paru Menular atau Tidak

Flek Paru Paru Menular atau Tidak ? Tidak jauh berbeda dengan penyakit lainnya, kewaspadaan kita terhadap beberapa gangguan atau penularan penyakit memang harus tetap di kembangkan. Terlebih lagi jika di lingkungan atau keluarga kita telah terdapat beberapa orang atau sekian banyaknya pengidap flek paru paru.


Perlu Anda ketahui pengertian flek paru paru ini. Pada dasarnya nama ini merupakan istilah yang di pakai para dokter untuk meminimalisir keterkejutan pasien yang di vonis mengidap tuberkulosis. Suatu penyakit paru paru yang bisa menyerang siapa saja.

Penyebabnya memang sepele, yaitu disebabkan oleh infeksi atau paparan bakteri (Mycrobacterium Tuberculosis) yang menyerang pada paru-paru. Tapi, apabila dibiarkan begitu saja, tanpa pengobatan dan tindakan serius tentu semua penyakit juga akan menimbulkan bahaya dan berakibat fatal.

Flek paru paru atau tuberkulosis memang penyakit menular. Bahkan dalam diskusi atau forum tanya jawab doktersehat.com menyebutkan "Penularan TB melalui udara, melalui batuk, bersin, bukan melalui makanan. Kemungkinan tertular tetap ada mengingat jika Anda atau anak anda berada di lingkungan yang sama dengan penderita TB"
Orang-orang yang lebih rentan tertular virus TB atau Flek Paru Paru, diantaranya :

  • Memiliki HIV atau penyakit lain yang melemahkan sistem kekebalan tubuh.
  • Memiliki kontak dekat dengan seseorang yang memiliki TB aktif, seperti tinggal di rumah yang sama dengan seseorang yang terinfeksi TB.
  • Merawat seorang pasien yang memiliki TB aktif, seperti dokter atau perawat.
  • Tinggal atau bekerja di tempat-tempat ramai, seperti penjara, panti jompo, atau tempat penampungan tunawisma, di mana orang lain mungkin memiliki TB aktif.
  • Orang yang penyalahgunaan obat atau alkohol
  • Anak-anak, ibu hamil atau mereka yang sistem imunnya sedang menurun 
Ingat bahwa di Indonesia, penyakit TBC masih merupakan penyakit epidemiologi, sehingga jumlah penderita TBC masih sangat banyak dan berpotensi untuk terus menularkan bakteri TBC. Agar kita dapat tehindar dari penyakit TBC, maka kita dapat melakukan hal-hal berikut:

  1. Bagi penderita tidak meludah sembarangan
  2. Tidak melakukan kontak udara dengan penderita
  3. Minum obat pencegah dan hidup secara sehat.
  4. Rumah harus memiliki ventilasi udara yang baik
  5. Menutup mulut dengan sapu tangan bila batuk serta tidak meludah/mengeluarkan dahak di sembarangan tempat
  6. Yang terahir, tetap jaga lingkungan supaya bersih dan bebas dari virus Mycrobacterium Tuberculosis penyebab TB


0 komentar:

Posting Komentar