Minggu, 19 Februari 2017

Penyebab Kulit Sering Terkena Biduran

Biduran yang alam istilah disebut urtikaria adalah reaksi dari kulit yang menyebabkan munculnya kulit biluar yang berwarna merah atau putih dan terasa gatal. Bilur ini awalnya muncul di satu bagian tubuh dan akhirnya menyebar. Salah satu penyebab umumnya adalah alergi. Ukuran dan bentuk bilur pun bisa berbeda-beda.

Urtikari kronis bisa diartikan sebagai pertanda dari penyakit lain yang sedang diderita. karena penyakit tiroid, diabetes tipes 1 atau lupus. Biduran atau urtikari lebih sering terjadi pada anak-anak wanita pada usia 30-60 tahun. Selain itu orang yang memiliki alergi juga lebih beresiko untuk mengalaminya.

Muncul bilur pada kulit ini dipicu oleh tingginya kadar histamin yang dilepaskan ke kulit. Histamin menyebabkan pembulu darah menjadai rilek dan melebar sehingga aliran darh pun meningkat. Dengan banyaknya darh yang mengalir dibawah permukan kulit terlihat memerah. kelembabn cairan ini juga yang menyebabakan pembengkakan pada kulit dan rasa gatal.

Berikut ini faktor penyebab Terjadinya Biduran , Diantaranya:

  •     Pengaruh Perubahan Cuaca
Biduran juga bisa terjadi akibat pengaruh dari perubahan cuaca yang memiliki tekanan dan perubahan tinggi. Beberapa penderita biduran bisa kambuh ketika masuk ke daerah dengan cuaca yang sangat panas atau terlalu dingin. Tubuh memberikan reaksi yang lebih kuat sehingga menjadi biduran. Biduran seperti ini biasanya akan hilang sendiri dan butuh waktu sembuh hingga empat jam. Jika lebih dari empat jam tidak sembuh maka harus mengunjungi dokter untuk mendapatkan obat
  •  Pengaruh Obat-Obatan
Biduran juga bisa terjadi karena pengaruh obat-obatan. Beberapa jenis obat yang bisa menyebabkan reaksi biduran adalah seperti aspirin, obat penekan rasa sakit, obat penghilang rasa sakit, ibuprofen, obat anti inflamasi dan obat pengatur tekanan darah. Kondisi ini biasanya sering terjadi pada pasien setelah menjalani prosedur operasi. Tes alergi bisa diberikan untuk mengetahui reaksi alergi terhadap obat dan mencegah biduran.
  • Terkena Paparan Sinar Matahari
Orang yang tidak terbiasa terkena paparan bahaya sinar matahari secara langsung juga bisa terkena biduran dengan cepat. Paparan sinar matahari yang mengenai kulit secara langsung akan menyebabkan tekanan dan rasa panas yang berlebihan. Reaksi panas dan tekanan ini menyebabkan bagian kulit tidak tahan dan muncul biduran. Melindungi tubuh dari sinar matahari bisa menyembuhkan biduran dengan cepat.
  • Alergi Debu dan Bulu 
Biduran juga bisa disebabkan karena reaksi alergi terhadap debu dan bulu binatang tertentu. Biasanya kondisi dari lingkungan seperti debu, serbuk sari dari bunga dan bulu anjing, kucing atau tikus paling cepat terjadi. Alergi bisa muncul dengan cepat dan biasanya biduran juga akan hilang dalam waktu kurang dari tujuh jam.
  • Pengaruh Perubahan Cuaca 
Biduran juga bisa terjadi akibat pengaruh dari perubahan cuaca yang memiliki tekanan dan perubahan tinggi. Beberapa penderita biduran bisa kambuh ketika masuk ke daerah dengan cuaca yang sangat panas atau terlalu dingin. Tubuh memberikan reaksi yang lebih kuat sehingga menjadi biduran. Biduran seperti ini biasanya akan hilang sendiri dan butuh waktu sembuh hingga empat jam. Jika lebih dari empat jam tidak sembuh maka harus mengunjungi dokter atau mencoba mengobatinya dengan obat biduran yang ada di apotik

0 komentar:

Posting Komentar