Jumat, 24 Februari 2017

Perawatan Pasca Operasi Fistula Ani

Apa itu Fistula Ani ?

Fistula ani disebabkan oleh kerusakan jaringan pada tubuh. Fistula ani ini sering dikaitkan dengan kista atau infeksi kelenjar anal. Fistula ani merupakan suatu kondisi sobeknya atau luka dijaringan yang melapisi anus, bagian yang sangat sensitif.

Sebuah fistula ani juga dapat terjadi ketika anda sedang mengalami sembelit, dimana tinja sulit keluar karena feses terlalu besar, keras dan membahayakn evakuasi, atau bisa disebabkan karena praktek seks anal tanpa.

Fistula ani biasanya menyebabkan nyeri, peradangan, dan kejang otot di anus disebut abak sphincter. Masalah ini sangat umum pada anak-anak, tetapi hal itu juga lebih mempengaruhi semua usia.

Penyebab Utama

Pada umumnya fistula ani disebabkan oleh infeksi pada kelenjar anus yang menyebabkan timbulnya penumpukan nanah. Fistula ani kemudian membentuk saluran di bawaah permukaan kulit yang terhubung padakelenjar yang terinfeksi. Jika tidak dapat kering dengan sendirinya, nanah tersebut harus dikelurkan dengan melakukan operasi.

Fistula ani dapat dikategorikan dalam berbagai jenis tergantung kondisi dan posisinya. Ada yang rendah atau tinggi. Hal ini tergantung seberapa dekat posisinya dengan otot-otot sphincter atau kumpulan otot pada ujung anus. Ada juga yang kompleks atau sederhana, tergantung apakah hanya terdapat satu saluran fistula atau ada jaringan yang saling terhubung.

Pengobatan

Untuk pengobatan juga belum dapat untuk bisa menyembuhkan penyakit ini. Obat salep yang hanya untuk mengeringkan dan mengeringkan lubang untuk sementara. Solusi pengobatan secara medis salah satunya dengan operasi pembedahan namun harus dilakukan berulang kali. Tapi salah satu dokter menyebutkan untuk mencegah setelah di operasi bersihkanlah bkas lubang fistuala setelah sembuh dengan sabun supaya bakterinya mati.

Pengobatan secra herbal dapat dengan kapsul penderita kanker yang terbuat dari herbal. Selain itu berendam di air mahkota dewa lalu kompres dengan minyak made. Pantangan yang diberikan pun bermacam-macam diantranya berikut ini :
  1. Hindari makan sayur taoge, Kankung, cabe
  2. Buah durian, nangka dan lengkeng
  3. Daging sapi, kambing serta ayam negeri
  4. Dan hindarilah Asap rokok, masakan yang di panggang, serta MSG.
Fistula Ani yang di biarkan terlalu lama dapat berakibat Fatal. Bisa menyebabkan kanker tulang, kanker lubang dubur, dan penyakit sejenisnya).

Pasca Operasi

Pada operasi fistula simple, pasien dapat pulang pada hari yang sama setelah operasi. Namun pada fistula kompleks mungkin membutuhkan rawat inap beberapa hari.

Pasca operasi mungkin akan terdapat sedikit darah ataupun cairan dari luka operasi untuk beberapa hari, ter¬utama sewaktu buang air besar. Perawatan luka pasca ope¬rasi meliputi sitz bath (merendam daerah pantat dengan cairan antiseptik), dan penggantian balutan secara rutin. Obat obatan yang diberikan untuk rawat jalan antara lain antibiotika, analgetik dan laksatif. Pasien tidak dianjurkan berenang sebelum luka sembuh, dan tidak disarankan untuk duduk diam berlama-lama.

Kunjungi Juga : Obat Fistula Ani

0 komentar:

Posting Komentar