Jumat, 17 Februari 2017

Mitos Atau Fakta, Minum Es Saat Haid Bisa Picu Kista

Haid atau sering dikenal sebagai menstruasi merupakan suatu siklus bulanan yang pasti dialami oleh seorang wanita yang suah mengalami (masa puber) dan juga belum mengalami menopause. kira-kira, haid akan terjadi sepanjang hidup seorang wanita, berkisar antar usia remaja hingga usia dewas akhir atau sekitar 40-50 tahunan. Haid sendiri merupakan suatu proses yang menandakan keluarnya sel telur yang tidak dibuahi dan merupakan suatu siklus yang normal terjadi. 

Mitos Minum Es Saat Haid Bisa Menyebabkan Kista

Banyak Kabar seputar yang dipercaya masyarakat seperti tidak boleh minum air es saat haid karena bisa menyebabkan darh haid mampet (keluar tidak lancar) dan meninggalkan sisa dinding rahim.

Akibat anggapan itu, banyak perempuan yang takut minum air es saat sedang datang bulan alias menstruasi, karena beranggapan air es dapat membuat darah haid manpet.

Ketahuilah ini sangat menjadi-jadi karena banyak yang beranggapan bahwa darah haid yang bersisa dirahim tersebut dalam waktu 5 tahun atau lebih dapat menyebabkan kista, bahkan tumor dan kanker rahim. Jika dilihat dari sistem yang ada pada tubuh kita menstruasi berhubungan engan sistem reproduksi wanita, sedangan minum dan makan akan berhubungan dengan pencernaan. Secara medis tidak benar bahwa peroses pembekuan darah menstruasi sehingga menimbulkan kista dapat terdaji karena suhu air dinggin yang kita minum.

Mestruasi adalah proses luruhnya dinding rahim karena tidak adanya pembuahan. Sakit dan tidaknya, atau banyak yang sedikit darah yang keluar pada proses ini dipengaruhi oleh hormon dan faktor pisikologis. Air es atau air tidak memiliki efek apapun saat menstruasi. Selama seorang perempuan tidak merasakan sakit atau perut kembung saat menstruasi, maka minum air es sah-sah saja. Oleh karena itu mitos selama ini yang beredar mengatakan minum air es dapat menimbulkan kista adalah anggapan yang salah.

Berikut ini adalah beberapa mitos yang sering muncul berkaitan dengan masa haid :
  • Haid atau menstruasi dapat dipengaruhi oleh konsumsi es dan bahaya minuman dingin
  • Menstruasi Bisa saja dipengaruhi oleh konsumsi minuman bersoda
  • Mengkonsumsi obat anti nyeri dapat meredakan dan mengurangi rasa sakit pada saat menstruasi atau haid
  • Tidak boleh berolahraga pada saat haid atau menstruasi
  • dan masih banyak sekali jenis mitos-mitos yang mendasari dan juga mempengaruhi haid seseorang.
Mitos-mitos seperti itu memang sangat berkembang di masyarakat luas, sehingga seringkali dapat menyebabkan kekhawatiran bagi banyak wanita ketika mengalami haid.
     

0 komentar:

Posting Komentar