Minggu, 26 Februari 2017

Cara Mengobati Asam Lambung Dengan Temulawak

Asam lambung merupakan salah satu gangguan yang sering disepelekan. Padahal tanpa adanya penangan yang tepat dan segera, penyakit tersebut dapat menimbulkan negatif.

Selain menggunakan obat-obatan medis, anada juga bisa menggunakan obat tradisional yaitu temulawak yang merupakan tanaman penuh khasia, terutama untuk mengatasi asam lambung.

Penyebab Penyakit Asam Lambung

Secara umum asam lambung itu tidak berfungsi lower esophageal sphincter atau bisa disebut dengan LES. les yaitu lingkaran otot dibagian bawah yang berasal dari esofagus, Les ini memiliki pintu secara otomatis yang dapat terbuka dan enekan makan dan juga minuman turun dibagian perut. Sesudah akan masuk, Les itu menutup untuk melakukan pencegahan asam dan juga makanan yang terdapat dibagian perut supaya tidak naik lagi ke kerongkongan atau esofagus.

 Gejala Penyakit Asam Lambung

  • Batuk Kering
  • Serak suara
  • Bab berdarah
  • Menelan yang sulit
  • Sakit tenggorokan
  • Berat Badan Menurun
  • Kemulaan perut
  • Perut kembung
  • Muntah
  • Sendawa
Khasiat Temulawak Untuk Penyakit Asam Lambung

Mengalami masalah kesehatan yang satu ini, tentu dapat membuat Anda merasa gusar dan berusaha mencari pengobatan. Selain berbagai pengobatan medis yang diberikan oleh dokter, Anda juga dapat sekaligus mencoba pengobatan alami yang terbuat dari temulawak.

Khasiat dari rimpang temulawak memang sangat banyak, salah satunya adalah untuk mengatasi asam lambung. Bagian yang dimanfaatkan untuk mengobati permasalahan tersebut yaitu dari rimpangnya.

Cara pengolahannya pun sangat mudah. Pertama-tama, bersihkan rimpang temulawak dari kotoran dan tanah yang menempel hingga benar-benar bersih. Lanjutkan dengan mengupas kulitnya dan mengirisnya tipis-tipis dengan ketebalan sekitar 7 hingga 8 milimeter.
Kemudian, keringkan irisan rimpang temulawak tersebut di bawah sinar matahari secara langsung hingga beberapa hari dan angin-anginkan di lokasi yang terlindung. Usahakan lokasi yang digunakan tidak lembap. Selain itu, Anda juga bisa mengeringkannya selama 7 jam dengan suhu antara 50 sampai dengan 55 derajat Celsius.

Selanjutnya, rebus tiga buah temulawak yang telah diiris tipis dan dikeringkan tersebut dalam air bersih sebanyak 5 hingga 7 gelas. Tunggu sampai mendidih dan saring air rebusan temulawak tersebut. Terakhir, minum ramuan dari temulawak tersebut selagi hangat, sebanyak 1 kali dalam sehari dengan porsi 1 gelas untuk setiap jadwal.
Nah, itulah salah satu manfaat dari temulawak untuk menyembuhkan penyakit asam lambung. Semoga menjadi informasi kesehatan yang sangat bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar