Selasa, 21 Februari 2017

Olahraga Penurun Kadar Kolesterol Tinggi

Olahraga merupakan salah satu kegiatan yang dapat menyehatkan serta melindungi tubuh kita agar tidak mudah terkena berbagai penyakit. Bagi anda yang mempunyai masalah kolesterol tinggi, olahraga salah satu cara yang ampu untuk menurunkan kolesterol selain mengkonsumsi obat kimia dan obat herbal. Melakukan olahraga untuk menurunkan kolesterol tinggi bertujuan agar tidak berpengaruh pada pungsi organ jantung.

Banyak Waktu Olahraga yang diperlukan untuk Menurunkan Kolesterol

Aturan bahwa minimal berolahraga selama sekitar 150 menit  dalam seminggu sedah sangat ideal untuk memiliki kadar kolesterol yang sehat. Namun tidak ada konsensus mengenai berapa banyak olahraga yang dibutuhkan untuk membantu menurunkan kolesterol.

Banyak juga perdebatan yang mengenai beberapa olahraga yang mengenai kolesterol yang dimiliki. Sebagian besar orang-orang yang ditemukan yang memiliki diet yang buruk. yang melakukan sedikit olahraga atau olahraga tidak terartur. 

Meskipun seperti itu, LDL (yang jenisnya jahat) dapat diturunkan jumlahnya sehingga tidak melebhi angka kolesterol HDL (yang jenisnya baik). Para peneliti telah menemukan langkah yang terbukti efektif menurunkan kolesterol secara efektif, tentunya hal ini juga seiring berkurangnya resiko terhadap masalah jantung.

Dengan demikian penderita ini mengalami kenaikan kadar kolesterol jahat semakin tinggi. Maka muali saat ini juga lakukan gerakan-gerakan rutin dan menyehatkan dengan cara berolahraga secara terartur. Caranya menurunkan kolesterol tinggi dalam tubuh, tidak hanya mengkonsumsi obat tradisional ataupun mengkonsumsi makan-makanan penurun kolesterol tinggi saja.

Beberapa Jenis Olahraga Untuk Menurunkan Kolesterol Diantaranya :

  • Aerobik
Senam aerobik memiliki peranan yang sangat penting untuk membuat otot-otot organ jantung memompa darah lebih kuat dan setabil. Sehngga mampu meningkatkan kinerji sistem metabolisme tubuh dengan melakukan pembakaran kadar lemak darah.
  • Bersepedah, Berenang, dan Berlari
merupakan jenis olah raga yang mampu membuatkan kinerji organ jantung bekerja lebih cepat dan mampu merangsang dan membentuk enzim tertentu untuk mengurangi kolesterol LDL dari arah ke hati untuk dikeluarkan dari tubuh dalam bentuk keringat maupun urin.
  • Yoga
Menurut hasil dari sebuah penelitian melakukan senam yoga secara rutin dapat menimbulkan manfaat untuk menurunkan kolesterol LDL hingga 35%. Yoga juga dapat merangsang pembetukan kadar HDL dalam tubuh meningkat.
  • Taichi
Menurut penelitian , gerakan taichi yang dilakukan secara rutin dan terartur dapat menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dalam jumlah yang besar 12% hingga 15% dan mampu meningkatkan kadar HDL dalam tubuh hingga 7%

Tidak ada komentar:

Posting Komentar