Minggu, 26 Februari 2017

Ciri Ciri Gejala Awal Radang Ginjal


Penyakit radang Ginjal

Didalamnya pengobatan atau mencegah dalam terkenanya radang ginjal sangat diperlukan agar semua manusia dapat mencegah dan dapat terhindari dari macam-macam penyakit radang, dan penyakit lainnya yaitu dengan adanya penyakit paru-paru, jantung, usus, ginjal, dan hat, karena organ tubuh seperti itu sangat rentan dan sangat mudah terserang penyakit yang berat ataupun ringan.

Radang ginjal(Glomerulonefritis) adalah peradangan peradangan pada glomerurli, yang merupkan struktur di dalam ginjal anda yang terdiri dari mbulu darah kecil. Pembuluh membantu menyaring darah dan membung kelebihan cairan. Jika glomeruri anda rusak, ginjal akan berhenti bekerja dengan benar dan anda dapat pergi ke gagal ginjal.

Gejala Awal Penyakit Radang Ginjal
  • Air kencing atau urin berbusa
  • Volume urin akan berkurang secara terus menerus
  • Nafsu makan yang berkurang
  • Perut menjadi buncit atau busung
  • Kadang-kadang disertai demam, rasa sakit dibagian pinggang, pelupuk mata, tangan dan kaki bengkak
  • Berlangsung kelamin dalam berbentuk darah yang dapat menambah resiko  pembekuan di dalam pembulu darah
  • Berlangsung peredangan pada susunan perut, karena hal ini disebabkan karena adanya infeksi di daerah perut, infeksi ini dapat menyebkan menyusutnya dalam bentuk antibodi yang kelur bersama dengan urin
  • Pada anak dapat berlangsung pada susunan desakan darah saat tengah berdiri, desakan darh pasien dapat rendah ataupun tinggi.
  • Lutut serta kantong zakar semakin membengkak
  • Sesak nafas dapat disebabkan dapat penimbunan cairan dirongga seputar paru paru.
Ciri-Ciri Penyakit Radang Ginjal

Penyakit ginjal ada banyak sekali jenisnya, sayang yang diketahui  masyarakat hanyalah batu ginjal dan gagal ginjal saja. Setiap penyakit yang diderita oleh manusia pasti menimbulkan gejala dan ada ciri-cirinya. Berikut ini merupakan ciri-ciri penyakit ginjal yang harus diwaspadai  :
  • Sulit Bernafas
Ciri lain dari penyakit ginjal adalah penderita akan sulit bernafas atau merasakan sesak nafas. Penyebab penderita ginjal menjadi sulit bernafas dikarenakan penumpukan cairan di dalam tubuh. Ginjal memiliki fungsi untuk membuang cairan sisa metabolisme berupa urin. Karena fungsinya terganggu, cairan hasil sisa metabolisme tersebut tidak keluar semuanya sehingga cairan itu akan menumpuk di dalam tubuh. Penumpukan cairan di paru-paru itulah yang membuat penderita ginjal sulit bernafas. Seharusnya organ paru-paru berisi udara, namun pada penderita ginjal paru-paru justru berisi cairan sisa metabolisme. Jika cairan memenuhi rongga paru-paru akibatnya penderita ginjal akan mengalami sesak nafas yang akut.
  • Anemia
Paru-paru adalah organ yang membutuhkan oksigen. Jika pasokan oksigen yang masuk ke dalam tubuh berkurang gara-gara kinerja paru-paru yang terganggu bisa membuat penderita ginjal mengalami anemia. Sel darah merah akan berkurang sebab pasokan oksigen yang sedikit di dalam tubuh. (baca juga : Penyebab Anemia & Bahaya anemia)
  • Memiliki Nafas Pendek-Pendek
Pada manusia normal menghirup udara dan mengeluarkan udara di dalam tubuhnya bisa dengan jangka waktu sekitar 3 detik.  Namun pada penderita ginjal, menghirup udara dan mengelurakan udara membutuhkan waktu kurang dari 3 detik sehingga dia cenderung memiliki nafas yang pendek-pendek.
  •  Pusing
Jika anda mudah pusing bisa jadi anda sedang terkena anemia, anemia merupakan salah satu tanda penyakit ginjal meski tidak semua anemia berujung pada penyakit ginjal. Namun anda perlu waspada jika anda menderita anemia dan merasakan gejala penyakit ginjal lainnya. Pusing tersebut disebabkan oleh kurangnya oksigen yang mengalir ke otak. Oksigen yang kurang juga membuat sel darah merah sedikit. Jika sel darah merah di kepala atau otak sedikit akibatnya penderita ginjal akan merasakan pusing yang tak kunjung sembuh. (baca : Kepala sering pusing & Kepala sering terasa berat)
  • Cepat Lelah
Kurang sel darah merah dan oksigen di dalam tubuh akan membuat penderita ginjal mudah lelah. Alasannya adalah oksigen sangat diperlukan oleh tubuh dalam pemecahan makanan menjadi  energi. Jika oksigen yang ada di dalam tubuh sedikit akibatnya adalah makanan yang dipecahkan menjadi energi pun hanya sedikit. Kekurangan energi di dalam tubuh bisa menyebabkan penderita ginjal menjadi mudah lelah dan lemas.
  • Pucat
Produksi sel darah merah yang sedikit di dalam tubuh bisa menyebabkan memiliki kulit tubuh yang pucat. Coba lihat telapak tangan anda, apakah telapak tangan anda berwarna pucat atau kemerah-merahan. Jika telapak tangan anda pucat bisa jadi anda sedang terkena anemia.
  • Menggigil
Orang yang menderita penyakit ginjal akan merasakan kedinginan kemudian menggigil. Jika anda merasakan hal seperti itu padahal cuaca sedang tidak dingin bisa jadi anda terkena batu ginjal. Orang yang terkena penyakit gangguan ginjal akan terkena anemia, anemia itulah yang menyebabkan penderita ginjal akan merasakan kedinginan.
  • Tidak Bisa Konsentrasi
Pada penderita ginjal akan sulit sekali untuk konsentrasi. Bahkan untuk waktu yang sebentar saja dia tidak bisa untuk konsentrasi. Sulit konsentrasi itu disebabkan oleh anemia yang diderita oleh penderita ginjal. Asupan oksigen yang tidak cukup atau sedikit dan juga sedikitnya sel darah merah di otak membuat penderita penyakit ginjal sulit untuk melakukan konsentrasi.
  • Sering Kehilangan Keseimbangan
Rasa pusing yang sering dialami oleh penderita ginjal menyebabkan dirinya tidak bisa menjaga keseimbangan. Untuk berjalan dan beranjak dari tempat tidur orang yang menderita penyakit ginjal akan sering sekali terjatuh.
  • Sakit Di Sekitar Pinggang
Orang yang menderita penyakit ginjal akan merasakan sakit pinggang meski tidak beraktivitas menggunakan otot. Ciri satu ini sudah sering dibahas di forum kesehatan dan masyarakat sudah mengetahui ciri penyakit ginjal yang satu ini. Sayangnya masih banyak masyarakat yang tidak tahu mana sakit pinggang yang disebabkan oleh penyakit ginjal dan mana yang merupakan sakit pinggang biasa. Penyebab sakit pinggang dan rasa nyeri bisa muncul karena batu ginjal yang terjebak di saluran kemih atau ureter. Batu ginjal tersebutlah yang menyebabkan rasa nyeri berada di pinggang (Baca : Gejala batu ginjal). Pada batu ginjal yang ukurannya semakin membesar, rasa nyeri pada pinggang akan sering terasa. Sakit pinggang sering kambuh dan hilangnya bisa berhari-hari atau berminggu-minggu. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar