Kamis, 16 Februari 2017

Gatal Di Selangkangan Penyebab Dan Mengatasinya

Gatal pada daerah selangkangan merupakan masalah yang sering terjadi, dan bisa menimpa siapa saja, walaupun umumnya lebih sering terjadi pada pria. Tidak hanya selangkangan, gatal dan iritasi juga sering menerpa bagian lipatan kulit. Area selangkangan yang gatal, biasanya tampak kemerahan atau tanpak mengelupas. Selain itu, pada gatal selangkangan di bagian pinggir bisa tampak sebagai mana kulit yang lecet.

Gatal-gatal di selangkangan dan alat kelamin bisa menjadi gejala dari banyak kondisi seperti infeksi vagina pada wanita atau jock itch pada laki-laki. Pada pria dan wanita rasa gatal tersebut bisa disebabkan oleh iritasi kulit, penyakit seksual menular, dan alergi.

Sementara itu penyebab lain dari gatal pada kelamin menular seksual ataupun alergi biasanya butuh perawatan yang lebih insentif.

jika anda merasa sangat tergangu dengan rasa gatal selangkangan dan tidak kunjung sembuh meski telah diobati menggunakan salep maka anda sebaiknya mengunjungi dokter kulit dan kelamin.

Penyebab Gatal Selangkangan 


Banyak timbulnya rasa gatal diselangkangan atau lipatan bagian dalam paha. Salah satu faktor utama yang menjadi penyebab gatal pada selangkangan yaitu dari dalam dari kita sendiri. Rasa gatal pada selangkangan dapat menyerang karena kondisi fisik atau bagian tubuh yang kurang terjaga dari kebersihan. Adanya pertumbuhan jamur pada kulit, terlebih lagi apabila selangkangan dan sekitar menjadi lembab yang dapat menimbulkan jamur sangat mudah tumbuh paa kulit tersebut. Apabila jamur mudah untuk berkembang biak dengan cepat maka anda akan merasa tersiksa oleh rasa gatal yang timbul penyakit ini.

Selain karena jamur, bisa juga disebabkan karena alergi makanan yang dikonsumsi, pada umumnya seperti telur, udang, ikan laut, ikan tongkol, dan lain-lain. Orang-orang yang sering mengalami gatal pada selangkangan (infeksi jamur)
  • Gemuk
  • Mudah berkeringat
  • Diabetes
  • Mengguanakan pakaian ketat
  • Menggunakan pakaian secara bergantian dengan orang lain.

Cara Mengatasi Gatal Selangkangan


  • Pastikan daerah selangkangan selalu bersih dan kering 
Berikan perhatian khusus pada daerah selangkangan anda. Setelah mandi, keringkan daerah selangkangan dengan cara menepuk-nepuknya menggunkan handuk. Lakukan secara lembut hingga selangkangan benar-benar kering.

  • Guanakan krim anti jamur atau bedak anti jamur
Oleskan salep atau krim yang mengandung 1% hidroko rtison pada daerah selangkangan anda, setiaknya 2 kali sehari. idealnya setelah mandi dengan rutin.

  • Gunakan pakaian yang longgar
 Untuk menghindari iritasi dan lecet, kenakan celana dalamnya yang longgar. Pakaian yang ketat dan sempit juga membuat selangkangan menjadi panas dan lembab, sehingga jamur semakain berkembang.

  • Jangan menggaruk kulit yang gatal
Tahan keinginan anda untuk menggaruk selangkangan yang gatal. Menggaruk akan semakin mengiristasi kulit, bahkan bisa menyebabkan infeksi. atau melakukan menyiram denga air dingin untuk meringankan rasa gatal. Selain itu, potong kuku jari tangan atau gunakan sarung tangan saat tidur, untuk mencegah anda menggaruktanpa sadar ketika tidur.

Penting bagi anda memilih solusi cara mengobati gatal di selangkangan dan alat vital dari bahan alami guna menghindari efek samping.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar