Jumat, 17 Februari 2017

Posisi Duduk yang Benar Supaya Tidak Sakit Pinggang

Duduk yang baik adalah posisi dimana anda memegang tubuh anda tegak melawan gravitasi sambil berdiri, berjalan, duduk dan berbaring dalam posisi dimana strain setidaknya ditempatkan dimna mendukung otot dan ligamen selama gerakan atau menahan beban.

Banyak faktor menyebabkan yang dapat menjadi faktor pencetus. Gangguan pada tulang belakang otot, ligamen, tendon dan syaraf, hernia,diskus, arthritis, keganasan, infeksi, di sekitar tulang belakang anda, penyakit dirongga panggul, perut, dan kelainan bawahan pada tulang belakang dapat menjadi penyebab nyeri pinggang.

Keluhan nyeri pinggang yang anda alami, timbul setelah anda duduk di depan komputer dan membaik setelah anda olahraga. Dengan umur anda yang masih muda, berat badan juga masih normal, kemungkinan juga tidak pernah mengalami trauma pada tulang belakang sebelumnya, maka perkiraan saya nyeri pinggang yang anda alami kemungkinan hanya disebabkan oleh kebiasan duduk lami.

Tips Cara Duduk yang benar untuk mencegah sakit punggung dan pinggul serta tubuh membungkuk, Diantaranya:


1. Posisi pinggul
Dorong pinggul sejauh mungkin kebelakang saat duduk hingga menyentuh sandaran kurs. cara ini akan membuat tubuh selalu duduk tegak secara tidak sadar, karena beginilah sebenarnya posisi duduk alami. Sebaiknya, jangn duduk di ujung kursi karena bisa membuat pinggang serta punggung cepat pegal.

2.Posisi Duduk
Duduk dengan punggung tegak, tapi pastikan tulang punggung dan tulang ekos anda mendapat sandaran yang baik. bisa menggunakan bantal kecil yang bisa iletakan dipunggung di bagian bawah atau alat penyangga khusus yang bisa dibeli ditoko perangkat berat maupun diapotek, dan pilihlah kursi dengan bantal yang baik.

3.Tinggikan Kursi
Atur tinggi kursi hingga mata sejajar dengan layar komputer, serta lutut sejajar (atau sedikit lebih rendah) dari pinggul. posisi mata yang sejajar dengan layar komputer akan mencegah anda membungkuk saat bekerja. Hindari kuris yang terlalu tinggi atau rendah karena bisa membuat leher pegal serta lutut sakit.

4.Posisi Tangan
Sandarkan tangan diatas meja tetatpi jangn memajangkan terlalu jauh saat menggerakan mouse. Pergelangan tangan sebaiknya tetep ada diatas meja. Pergelangan hingga lengan menggantung tanpa penyangga. posisi ini bisa membuat tulang dan syaraf pada tangan terganggu dan membuatnya terasa pegal yang berkelanjutan.

5.Posisi Kaki
Pstikan kaki anda menginjang lantai atau pijkan kaki pada kursi. jangan biarkan kaki menggantung atau menjinjit saat duduk karena bisa mengganggu struktur tulang dan persendian pada kaki. diakibatkan cenderung mudah merasakan sakit pada otot maupun sendi kaki.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar